Pages

Thursday, February 12, 2009

Ditemukan Fosil Makhluk Paling Primitif

Share & Comment





Washington - Sejumlah ilmuwan menemukan sebuah tengkorak makhluk berkaki empat yang paling primitif dalam sejarah bumi ini.

Penemuan itu dapat menjadi petunjuk bagi upaya memahami bagaimana hewan-hewan zaman purba berevolusi, seperti dari ikan menjadi hewan yang dapat berjalan di darat.

Fosil berusia 365 juta tahun yang ditemukan di Latvia itu terdiri atas tengkorak, tulang bahu dan beberapa bagian tulang panggul dari binatang yang hidup di dalam air bernama Ventastega curonica.

Meskipun Ventastega sepertinya perubahan bentuk hewan yang berevolusi dari ikan menjadi tetrapoda. Tetrapoda adalah hewan yang memiliki empat tungkai seperti layaknya hewan amfibi, burung dan mamalia.

Sementara pada penemuan sebelumnya diketahui ada hewan yang sedikit lebih tua yang lebih mengarah pada ikan ketimbang tetrapoda, tapi Ventastega ini justru lebih mengarah pada tetrapod dibandingkan ikan.

"Jika anda lihat dari jarak jauh, hewan ini lebih tampak seperti aligator kecil. tapi jika anda melihatnya lebih dekat, akan terlihat sebuah sirip di punggungnya," kata Per Ahlberg, dosen ahli biologi evolusioner di Uppsala University di Swedia.

Keberadaan makhluk ini sepertinya lebih dari 100 juta tahun sebelum disaurus pertama muncul di bumi.INILAH.COM






Tags: ,

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 

Popular Content

Open Cbox

Recent Posts

Why to Choose RedHood?

ShoutMix chat widget
Copyright © Sebagian Kecil Informasi Dunia Ada Disini | Designed by Templateism.com