Pages

Thursday, May 21, 2009

Tiga MPV Baru Serbu Pasar Indonesia

Share & Comment
wah mobil MPV baru nieh..mau dung?????
Dalam hitungan hari setidaknya ada tiga MPV baru yang akan meramaikan pasar otomotif di Indonesia. Ketiga MPV itu adalah Honda Freed, Proton Exora dan VW Touran.




(Istimewa)


Volkswagen Touran yang belum terlalu banyak diberitakan dibanding Freed dan Exora, langsung mencuri start dengan hadir terlebih dulu di pasar dibanding dua kompetitornya.

PT Garuda Mataram Motor (GMM) agen tunggal pemegang merek (ATPM) kendaran Audi dan Volkswagen (VW) akan meluncurkan family sports car terbarunya pada (28/5) mendatang. Tak tanggung-tanggung yang hadir di acara peluncuran itu adalah Head of Group Manufacturing Overseas Volkswagen AG Christof Spathelf, Executive Director Sales Asia Volkswagen AG Adrian Hallmark, tak ketinggalan Presiden Direktur PT Indomobil Sukses International Tbk. Gunadi Sindhuwinata, dan CEO PT GMM Andrew Nasuri.

Maklumlah, Touran akan dirakit di Indonesia. Bahkan, Volkswagen telah menyiapkan investasi untuk membangun pabriknya di Tanah Air.

Sementara dua kompetitornya, Honda Freed dan Proton Exora yang sudah lama ditunggu-tunggu baru akan hadir di pasar otomotif Indonesia sekitar Juni sebelum pelaksanaan Indonesia International Motor Show, Juli – Agustus 2009 mendatang.

Seperti Touran, Freed pun akan dirakit di Indonesia (lokal). Kedua ATPM ini, PT Garuda Mataram Motor (GMM) dan PT Honda Prospect Motor (HPM) melihat pasar mobil jenis MPV memang menggiurkan. Sementara Exora akan didatangkan langsung dari Malaysia.

Dilihat dari sisi harga, Honda Freed diperkirakan akan dijual antara Rp 250-290 juta. Honda Freed memiliki platform Honda Jazz yang berdimensi lebih kurang hampir sama, yaitu sekitar 1,6 meter. Namun sedikit lebih panjang sekitar 4,2 meter (Jazz: 3,9 meter) dengan tinggi mencapai 2,7 meter. Sementara tenaganya, Honda Freed ditopang mesin 1.5-liter VTEC 4-silinder dengan transmisi otomatis 5 percepatan atau transmisi CVT yang mampu menyemburkan daya sebesar 120 hp.

Dengan mengusung mesin 1.500cc i-VTECH, Honda mengklaim Freed akan lincah melakukan berbagai manuver, sekalipun demikian mobil ini diyakini hemat bahan bakar. Dari hasil ujicoba yang sudah dilakukan berulang-ulang, Freed menghabiskan 1 liter untuk jarak tempuh 16,4 km rendah emisi dan sesuai dengan standar emisi Jepang. Kabarnya, Freed sudah diantre (inden) lebih dari 2.000 unit.

Sementara itu, Touran memiliki panjang 4,39 meter, lebar 1,79 meter, dan tinggi 1,63 meter. MPV ini mengusung mesin ter­baru dari VW, yakni TSI 1.400 cc berbahan bakar bensin. Khusus untuk mesin, VW meng­gu­nakan TSI berkapasitas 1,4 liter. TSI dirancang khusus untuk mesin berkapasitas kecil.

Kemampuan mesinnya bisa menghasilkan tenaga-klaim VW mencapai 125 kW atau 170 PS. Bandingkan dengan mesin seperti Avanza 1,5 L yang hanya mampu meng­hasilkan tenaga 109 PS atau Kijang Innova 2,0 L bertenaga 100 kW (135 PS).

Performa lain dari mesin ini adalah irit bahan bakar. Peng­gu­naan mesin TSI 1,4 pada VW Golf GT, konsumsi bahan bakar­nya 13,9 km/liter. Teknologi andalan dari mesin bensin ini adalah injeksi langsung, kompresor supercharger, turbocharger, intercooler yang akan membuatnya superior digunakan di te­ngah kemacetan lalu lintas Jakarta.

Kalau di Eropa mobil ini dipasarkan dengan harga Rp 369 juta. Tapi nantinya saat dirakit di Indonesia, mungkin harga Touran tidak akan lebih dari Rp 300 juta. Kalau ingin bersaing dengan Honda Freed dan Proton Exora tentunya.

Sementara Proton Exora yang mengusung mesin 1.600 cc akan dibanderol di bawah 80.000 ringgit atau sekitar Rp 240-an juta. Dengan harga ini, Exora akan memberikan tantangan serius bagi Toyota Avanza (yang di Malaysia dibanderol 72.000 ringgit atau sekitar Rp 220 juta dengan mesin 1.500cc) dan Nissan Grand Livina (dibanderol 97.000 ringgit atau sekitar Rp Rp 270 juta dengan mesin 1.800cc).

Kalau Anda sedang mengincar MPV, tinggal pilih Touran, Freed atau Exora. Ketiganya menawarkan kelebihan masing-masing. Jangan bingung!
Tags: ,

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 

Popular Content

Open Cbox

Recent Posts

Why to Choose RedHood?

ShoutMix chat widget
Copyright © Sebagian Kecil Informasi Dunia Ada Disini | Designed by Templateism.com