Pages

Sunday, January 25, 2009

Nyontek Ternyata Membudaya Di Cina

Share & Comment
Di cina sekitar seribu orang yang mengikuti ujian pegawai negeri tertangkap menyontek. Sebagian besar mempergunakan teknologi yang digunakan oleh mata-mata.


Foto: Ilustrasi Orang Nyontek

Tahun ini jumlah calon pegawai negeri meningkat pesat, lebih dari 250 ribu memperbutkan 13 ribu 500 tempat.

Wartawan BBC di Shanghai Chris Hogg mengatakan pekerjaan sebagai pegawai negeri sangat didambakan di Cina. Pejabat pemerintah di negara itu sangat berkuasa dan bisa memiliki pendapatan yang tinggi.

Di Cina saat ini warga yang bekerja di perusahaan swasta kehilangan pekerjaan karena memburuknya perekonomian. Sektor pemerintah pun dipandang sebagai tempat yang aman untuk pekerjaan.

Namun sangat sulit untuk bisa menjadi pegawai negeri. 57 orang memperebutkan satu kursi pegawai negeri lewat ujian tahunan.Lebih dari tiga ratus pelamar tertangkap melakukan kecurangan saat ujian.

Pihak berwenang mengatakan sebagian dari mereka mengenakan alat dengar kecil di telinga untuk bisa mendengar jawaban dari teman sekongkolnya. Sebagian membeli jawaban sebelum ujian berlangsung.

Tujuh ratus orang yang ikut ujian dinyatakan saling contek karena jawaban mereka sangat mirip. Mereka yang tertangkap ini tidak hanya didiskualifikasi tetapi nama dan nomor identitas mereka akan masuk dalam database yang digunakan oleh panitia ujian pegawai negeri.

Satu editorial harian milik negara menyatakan orang yang curang itu beruntung karena mendapat hukuman ringan. Harian ini mengingatkan bahwa di jaman kerajaan mencontek bisa dihukum mati. (jawaban.com)


sumber :http://karodalnet.blogspot.com/

Tags: ,

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 

Popular Content

Open Cbox

Recent Posts

Why to Choose RedHood?

ShoutMix chat widget
Copyright © Sebagian Kecil Informasi Dunia Ada Disini | Designed by Templateism.com