Pages

Monday, June 8, 2009

Lima Negara Lolos Piala Dunia 2010

Share & Comment
kira - kira siapa yah yang akan amsuk piala dunia tahun 2010???
yuk kita lihat bareng beritanya..

world_cup_2010_logoREYKJAVIK – Satu per satu tiket putaran final Piala Dunia 2010 mendapatan pemiliknya. Kemarin (7/6), tiga negara memastikan lolos ke Afrika Selatan (Afsel), venue even akbar empat tahunan tersebut. Mereka adalah Belanda, Australia, dan Korea Selatan (Korsel).

Belanda menjadi tim Eropa pertama yang lolos ke putaran final berbekal kemenangan 2-1 (2-0) atas Islandia di Stadion Laugardalsvollur di Reykjavik. Oranje – sebutan Belanda – membuka keunggulan lewat sundulan Nigel de Jong pada menit kedelapan. Gol kedua tim tamu dicetak Mark van Bommel delapan menit kemudian.

Sementara tuan rumah baru memperkecil kedudukan dua menit jelang bubaran via Kristjan Sigurdsson.

Itu adalah kemenangan keenam beruntun Belanda di kualifikasi zona Eropa di grup 9. Mereka pun tak terbendung di puncak klasemen dengan 18 poin.

Sekalipun masih menyisakan dua laga, poin tim asuhan Bert van Marwijk itu sudah tidak mungkin dikejar urutan kedua Skotlandia yang baru mengoleksi tujuh poin dari lima laga.

Regulasi kualifikasi zona Eropa menyebutkan bahwa tiket lolos otomatis ke putaran final hanya diperuntukkan bagi juara grup. Sedangkan delapan runner-up terbaik akan menjalani playoff memperebutkan empat tiket tersisa dengan format home and away.

“Enam kemenangan beruntun di kualifikasi (Piala Dunia 2010) dan langsung lolos adalah hasil yang layak bagi kami,” ucap Van Marwijk sebagaimana dilansir RTL4-TV.

“Target kami lolos ke putaran final memang sudah tercapai. Namun, kami tetap ingin menyempurnakannya dengan memenangi dua laga sisa,” tutur pelatih yang juga mertua Van Bommel itu.

Dua laga sisa Belanda adalah menjamu Norwegia di Rotterdam Rabu nanti (10/6) dan melawat ke Skotlandia pada 9 September mendatang.

Dari kualifikasi zona Asia, Australia dan Korsel mengikuti jejak Jepang melenggang ke Afsel.

Socceroos – sebutan Australia – lolos meski hanya bermain imbang tanpa gol (0-0) dengan Qatar di Stadion Jassim Bin Hamad di Doha. Australia kini menduduki puncak klasemen grup 1 dengan 14 poin dari enam laga. Jumlah itu sama dengan Jepang, tapi Australia berhak di puncak karena unggul selisih gol.

Sementara Korsel lolos seiring kemenangan 2-0 atas Uni Emirat Arab (UEA) di Stadion Al-Maktoum, Dubai. Ksatria Taeguk – julukan Korsel – langsung unggul saat pertandingan baru berjalan lima menit.

Gol diciptakan striker yang bermain di AS Monaco, Park Chu-young. Pada menit ke-37, gelandang Ki Sung-yung memantapkan kemenangan Korsel.

Selain Afsel yang lolos karena menjadi tuan rumah, Belanda, Jepang, Australia, dan Korsel merupakan tim yang familier di putaran final Piala Dunia. Keempat negara itu juga lolos tampil pada Piala Dunia 2006 di Jerman.

Korsel bahkan selalu lolos ke putaran final dari delapan kesempatan. Rinciannya adalah tujuh kali lewat jalur kualifikasi dan sekali lolos langsung karena status tuan rumah (2002).

“Belanda, Jepang, Korsel, maupun Australia adalah tim-tim besar yang dikenal baik di lapangan maupun di luar lapangan. Kehadiran mereka di putaran final kami sambut antusias,” ungkap Danny Jordaan, ketua panpel putaran final Piala Dunia 2010 sebagaimana dilansir AFP.JAMBIEKSPRES.CO.ID



Tags: , ,

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 

Popular Content

Open Cbox

Recent Posts

Why to Choose RedHood?

ShoutMix chat widget
Copyright © Sebagian Kecil Informasi Dunia Ada Disini | Designed by Templateism.com